3ACTION PART VII - 25-28 April 2016





Pada tahun 2016 ini Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMA TRILOGI) kembali mengadakan acara Trilogi Accounting Competition (3Action) Part VII yang mengusung tema Building Investor and Creditor Trust through Integrated Reporting”. 3Action Part VII terdiri dari rangkaian acara :

    1.  NATIONAL SEMINAR

          Rangkaian acara pertama dari 3Action Part VII adalah Seminar Nasional. Seminar tahun ini mengusung tema “Sistem Pelaporan dengan Integrated Reporting sebagai Suatu Langkah untuk Meningkatkan Kepercayaan Investor dan Kreditor”. Seminar akan diadakan pada senin, 25 April 2016, dan bertempat di Auditorium Universitas Trilogi.
Sesi 1 akan membahas mengenai definisi, cakupan dan pentingnya Integrated Reporting dalam evolusi pelaporan keuangan, yang akan disampaikan oleh Bapak Ali Darwin, Ak., M.Sc selaku Direktur Eksekutif dari National Center of Sustainability Reporting (NCSR).
Pada sesi 2 narasumber akan menyampaikan pandangan dari sisi investor atau kreditor dalam menilai kondisi keuangan suatu perusahaan dengan sistem pelaporan Integrated Reporting  dan kaitannya dalam pemberian pinjaman ataupun peningkatan modal terhadap suatu perusahaan
Sesi 3 akan membahas mengenai kesiapan perusahaan dalam menerapkan Sustainability Reporting dan Integrated Reporting. Selain itu, pada sesi ini akan dibahas mengenai pendapat perusahaan mengenai seberapa penting penerapan Sustainability Reporting dan Integrated Reporting guna meningkatkan kepercayaan investor dan kreditor.
Di akhir setiap sesi terdapat dialog interaktif yang melibatkan para peserta seminar untuk berinteraksi dengan pembicara seminar melalui pertanyaan maupun opini. Acara Seminar akan ditutup dengan pembagian doorprize dan penutupan acara oleh MC.

    2.  NATIONAL COMPETITION

       Rangkaian acara berikutnya yaitu National Accounting Competition dengan tema “Grab the Opportunites, be a Brilliant Accountant! . Kompetisi ini diadakan untuk Universitas tingkat Nasional dan SMA/SMK Se–Jabodetabek yang akan dilaksanakan pada :
          1.     Hari             : Selasa, 26 April 2016
              Tempat        : Universitas Trilogi
         Acara           : Kompetisi Akuntansi tingkat Universitas Nasional 

         2.    Hari              : Rabu, 27 April 2016

        Tempat          : Universitas Trilogi

       Acara            : Kompetisi Akuntansi tingkat SMA/SMK Se-Jabodetabek

Berikut sistem perlombaan untuk tingkat Universitas :
     A.   Babak Penyisihan I
1.     Tahap Pertama – Paper
Setiap tim yang mendaftar lomba harus membuat Paper  dengan ketentuan sebagai berikut:
Tema : Building Investor and Creditor Trust through Integrated  Reporting
Topik :
1)    Perbandingan penerapan Integrated Reporting di Indonesia dengan negara lain.
2)   Kesiapan akuntan Indonesia dalam menerapkan Integrated Reporting dalam pelaporan keuangan.
3)   Peran akuntan dalam mewujudkan Sustainable Development melalui Integrated Reporting.
4)   Pandangan stakeholder terhadap Integrated Reporting.
5)   Integrated Reporting dan profesi akuntan dalam era globalisasi.

Paper yang diserahkan harus dengan ketentuan :
·         Menggunakan jenis tulisan Times New Roman (Ukuran 12)
·         Spasi 1,5 (Alignment Justify)
·         Ukuran kertas A4
·         Hasil paper maksimal 2 halaman
·         Hasil paper dikumpulkan dalam bentuk softcopy ke alamat email : 3actionpartVII@gmail.com, paling lambat 7 hari sebelum kompetisi, yaitu tanggal 19 April 2016

2.    Tahap Kedua
Setiap tim akan diberikan soal kasus mengenai Laporan Keuangan Konsolidasi dan dikerjakan dalam waktu 45 menit.

     B.    Babak Penyisihan II (Computerized Accounting) 
Babak ini diikuti 15 tim yang lolos. Tiap individu dalam tim akan mengerjakan soal siklus akuntansi selama 90 menit menggunakan software MYOB versi 19.

     C.    Babak Semifinal (Debat)
Babak ini diikuti 6 tim yang lolos dan dibagi ke dalam 3 kelas. Di dalam babak ini akan diberikan 3 buah pertanyaan yang akan dibahas oleh kedua tim. Waktu dalam babak ini 45 menit.

     D.   Babak Final (Case Study)
Pada babak ini terdapat 3 tim yang lolos. Tiap tim akan diberikan studi kasus mengenai “Building Investor and Creditor Trust through Integrated Reporting” dengan waktu pengerjaan 45 menit dan presentasi 30 menit. 
Sedangkan sistem perlombaan untuk tingkat SMA/SMK adalah sebagai berikut :
   A.  Babak Penyisihan I
1.     Tahap Pertama
Tiap individu dari setiap tim akan diberikan soal pilihan ganda sejumlah 30 soal dan dikerjakan dalam waktu 30 menit.
2.    Tahap Kedua
Setiap tim akan diberikan soal kasus mengenai Laporan Keuangan dan dikerjakan dalam waktu 45 menit.

   B.  Babak Penyisihan II (Question and Answer)
Pada babak ini terdapat 10 tim yang lolos. Tiap individu dalam tim akan diberikan soal pilihan sebanyak 10 soal yang akan dijawab secara langsung di hadapan dewan juri dan peserta lain. Waktu dalam babak ini 90 menit.

C.  Babak Semifinal (Debat)
Babak ini diikuti 6 tim yang lolos dan dibagi ke dalam 3 kelas. Di dalam babak ini akan diberikan 3 buah pertanyaan yang akan dibahas oleh kedua tim. Waktu dalam babak ini 45 menit.

D.  Babak Final (Case Study)
Pada babak ini terdapat 3 tim yang lolos. Tiap tim akan diberikan studi kasus mengenai “Financial Reporting” dengan waktu pengerjaan 45 menit dan presentasi 25 menit.
Pemenang untuk kategori Universitas akan mendapatkan Piala bergilir, Medali, Sertifikat dan total uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,00 sedangkan Pemenang untuk kategori SMA/SMK akan mendapatkan Piala bergilir, Medali, Sertifikat dan total uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,00

3. COMPANY VISIT 

          Rangkaian acara terakhir dari 3Action Part VII adalah Company Visit “Have a Great Fun Learning Experience with HIMA TRILOGIyang akan diadakan pada kamis, 28 April 2016. Company visit bertujuan untuk mengajak peserta mengenal lebih jauh perusahaan yang telah menerapkan Sustainability Reporting/Integrated Reporting  dalam sistem pelaporannya. Peserta akan diajak untuk mengunjungi perusahaan yang telah menerapkan Sustainability Reporting/Integrated Reporting  dalam sistem pelaporannya. Selain itu, peserta juga akan diajak untuk mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Peserta akan disambut dengan pertunjukan budaya, seperti Tari Jaipong dan Angklung Gubrak. Di Kampung Sindang Barang ini, peserta akan diajak untuk membuat permainan tradisional Jawa Barat.

          Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
       Saidah A.   : 0838 7846 2317
       Aprilia       : 0857 1952 2265
Astrid       : 0857 1787 4352
Twitter     : @info_3Action & @himatrilogi
Email        : 3ActionpartVII@gmail.com
Path         : HIMA TRILOGI
Instagram  : @himatrilogi



Comments

Popular Posts