Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi Present: 3Action Part VI "Seminar PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN EKONOMI GLOBAL” 28 April 2015



Pada hari Selasa, 28 April 2015 HIMA Trilogi menyelenggarakan rangkaian  acara 3Action yang pertama yaitu seminar yang bertemakan PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN EKONOMI GLOBAL dengan tiga materi seminar yang berkaitan dengan tema tersebut tetapi dengan narasumber yang berbeda. Kami panitia 3Action sudah siap untuk membuka pendaftaran dari mulai pukul 07.00 WIB di depan Ruang Auditorium Gedung Perkuliahan lantai 2. Seminar 3Action kali ini dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta dimana terdiri dari peserta Accounting Competition tingkat SMA/SMK dan Universitas serta peserta dari Universitas Trilogi dan juga peserta umum yang bertempat di ruang Auditorium Gedung Perkuliahan lantai 2. Acara ini dapat terselenggara dengan dukungan dan partisipasi dari pihak yayasan dan pihak kampus yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Damandiri yaitu Prof. Dr. Haryono Suyono dan beberapa dosen yang ikut hadir dalam peresmian acara 3Action, diantaranya adalah Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc, Bapak Dr. Aam Bastaman, Bapak Efendri, S.E. Ak, M.Ak, Ibu Muyassaroh, S.E. Ak, M.M, CA, Ibu Sri Opti, S.E, Ak, MM, Ibu Lely Dahlia, S.E, M.Ak,  dan Ibu Novita, S.E.Ak.M.,Ak, CA. Setelah pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Imas Ayu Parastrie sebagai Ketua Pelaksana Seminar 3Action, Riris Friska sebagai Ketua HIMA Trilogi, Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc sebagai Rektor Universitas Trilogi, dan Prof. Dr. Haryono Suyono sebagai Ketua Yayasan Damandiri untuk memberikan sambutannya. Sebagai tanda peresmian rangkaian acara 3Action dilakukan pengguntingan  pita oleh Bapak Prof. Dr. Haryono Suyono, Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc, Riris Friska, dan Imas Ayu Parastrie.
Sebelum masuk ke dalam acara inti, dilakukan penyerahan piala pemenang lomba akuntansi di Universitas Katolik Musi dari Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc sebagai Rektor Universitas Trilogi kepada para pemenang lomba yaitu Vebi Olivianti, Silvie Anugrahwati, dan Santika Febriany. Dilanjutkan dengan perkenalan Universitas Trilogi yang disampaikan oleh Bapak Dian Ruslan sebagai Ketua Bagian Humas, dan juga perkenalan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Trilogi yang disampaikan oleh Ibu Novita, S.E. Ak. M.,Ak, CA sebagai Sekretaris Prodi Akuntansi.
Mengawali acara seminar, Bapak Salomo Jimmiyanto sebagai moderator dan Bapak Bagyo Sudarsono Ak, MM ( Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia ) mendapat kesempatan sebagai pembicara pertama dimana materi yang dipaparkan mengenai Pengenalan Tentang Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah. Materi tersebut berlangsung sekitar 60 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya, dan sebelum mengakhiri materi yang pertama kami dari HIMA Trilogi memberikan  kenang-kenangan berupa piagam bagi  pembicara yang menandakan bahwa telah berpartisipasi dalam acara 3Action yang langsung diberikan oleh Imas Ayu Parastrie sebagai Ketua Pelaksana.
Acara seminar pun dilanjutkan dengan materi yang kedua, di materi yang kedua ini yaitu Egar Putra Bahtera, S.T. ( Owner Chevalier & Cannes ) dimana materi yang dibahas mengenai How to Face Global Invasion. Materi seminar yang kedua berlangsung sekitar 60 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya, dan sebelum mengakhiri materi yang kedua kami dari HIMA Trilogi memberikan  kenang-kenangan berupa piagam bagi  pembicara yang menandakan bahwa telah berpartisipasi dalam acara 3Action yang langsung diberikan oleh Imas Ayu Parastrie sebagai Ketua Pelaksana. Setelah materi yang kedua selesai pukul 12.30 WIB, kami panitia memberikan waktu ISHOMA sampai dengan pukul 13.00 WIB.
Acara seminar pun dilanjutkan dengan materi yang ketiga dengan moderator yang sama, di materi yang ketiga ini yaitu Bapak Aucky Pratama ( IAI ) dimana materi yang dibahas mengenai Peran Akuntan dalam Mempersiapkan UMKM di Era Persaingan Global. Materi seminar yang ketiga berlangsung sekitar 60 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya, dan sebelum mengakhiri materi yang ketiga kami dari HIMA Trilogi memberikan  kenang-kenangan berupa piagam bagi  pembicara yang menandakan bahwa telah berpartisipasi dalam acara 3Action yang langsung diberikan oleh Imas Ayu Parastrie sebagai Ketua Pelaksana. Ketiga materi seminar telah disampaikan oleh ketiga pembicara dan satu  moderator secara bertahap dengan materi yang beragam, sebagai penutup acara seminar ini HIMA Trilogi memberikan 3 doorprize kepada beberapa peserta yang beruntung.
Semoga acara kami ini dapat bermanfaat dan berkesan di hati Anda. Kami atas nama HIMA Trilogi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pendukung, sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan, karena tanpa dukungan dari para pihak rangkaian acara 3ACTION Part VI ini tidak dapat berlangsung dengan sukses. Adapun stakeholder dan sponsor acara kami, Universitas Trilogi, Ikatan Akuntan Indonesia, Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Cannes and Chevalier, MYOB Professional Partner, Studio Hasan Batik Bandung, Trans Studio Bandung. Acara ini di sponsori pula oleh Damandiri, Inul Vizta, Wardah, Love Juice, Kompas, SilverQueen, Telkomsel, Penerbit Erlangga. Sebagai media partner dalam acara 3Action yaitu Radio 103.4 DFM Jakarta, Seputarkampus.com, Kabarkampus.com, ISIC, 88 FM Mustang, Waralaba, Wirausaha Kreatif, Tabloid Peluang Usaha.

Berikut adalah beberapa dokumentasinya : 




































Comments