Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi Presents: 3Action Part VI "National Accounting Competition" 29 April 2015



Pada hari Rabu, 29 April 2015 HIMA Trilogi menyelenggarakan rangkaian acara 3Action yang kedua yaitu Accounting Competition untuk tingkatan SMA/SMK se-JABODETABEK dan juga untuk tingkatan Universitas/STIE se-INDONESIA.
Dalam 3Action ( Trilogi Accounting Competition ) ini hadiah yang diperebutkan oleh peserta berupa :
1.   Universitas
§  Juara I        : Piala Bergilir, Uang Tunai  Rp 5.000.000, Medali, Sertifikat, Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta .
§  Juara II       : Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 3.000.000, Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta.
§  Juara III      : Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 2.000.000, Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta.
2.   SMA dan SMK
§  Juara I        : Piala Bergilir, Uang Tunai  Rp 3.000.000,-  Medali, Sertifikat, Beasiswa Akademik s/d 75% dari Universitas Trilogi, Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta .
§  Juara II       : Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 2.000.000, Beasiswa Akademik s/d 75% dari Universitas Trilogi Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta.
§  Juara III      : Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 1.000.000, Beasiswa Akademik s/d 75% dari Universitas Trilogi Paket hadiah dari Wardah, SilverQueen, dan Freepas dari Inul Vizta.

§  Peserta yang terdaftar sebagai peserta 3Action tingkat SMA/SMA terdiri dari 33 tim dan peserta 3Action tingkat Universitas/STIE terdiri dari 21 tim. Peserta Universitas/ STIE yang mengikuti Accounting Competition terdiri dari :

Universitas Indonesia               (1 tim)
Politeknik Negeri Jakarta          (2 tim)
STIE T                                   (3 tim)
STIE YAI                                (1 tim)
Universitas Dr. Hamka              (2 tim)
Universitas Moestop                 (3 tim)
Universitas Mercubuana           (3 tim)
Universitas Trilogi                    (2 tim)
Universitas Bung Karn              (1 tim)
Universitas Mus                       (2 tim)
Universitas Muhammadiyah Jakarta  (1 tim)

§  Peserta SMA terdiri dari :
SMA 55 (1 TIM)
SMK 22 (1 TIM)
SMK 25 (3 TIM)
SMK 41 (3 TIM)
SMA 62 (2 TIM)
SMK KHAZANAH KEBAJIKAN (3 TIM)
SMK 9 (1 TIM)
SMK 10 (2 TIM)
SMK 20 (3 TIM)
SMK AMALIYAH (3 TIM)
SMA 1 BOGOR (2 TIM)
SMK 16 (2 TIM)
SMA ANGKASA 1 (3 TIM)
SMK YMJ (1 TIM)
SMK PKP (1 TIM)
SMK 8 (2 TIM)

Dimulai dengan babak yang pertama yaitu Babak Penyisihan, dimana peserta di arahkan oleh LO masing-masing untuk menuju ruangan yang telah ditentukan oleh panitia untuk mengerjakan babak penyisihan tahap 1 yang bersifat individu dan tahap penyisihan 2 yang bersifat tim. Pada Babak Penyisihan 1 berlangsung selama 30 menit kemudian peserta diberikan waktu istirahat, kemudian lanjut kembali untuk babak penyisihan tahap 2 yang berlangsung selama 45 menit. Perhitungan serta penilaian di tahap 1 dan tahap 2 dilakukan oleh Panitia 3Action.
Setelah Babak Penyisihan 1 dan 2 berlangsung peserta diarahkan kembali untuk menuju atrium sambil menunggu perhitungan nilai untuk setiap tim dan untuk penentuan peserta yang lolos untuk ke Babak Semifinal. Untuk peserta SMA/SMK diambil 10 tim terbaik untuk masuk ke babak semifinal, begitu pula untuk tingkat Universitas/STIE ada 10 tim yang lolos ke Babak Semifinal, terdiri dari :
SMA/SMK
1.   Tim 5 (SMK 25)
2.   Tim 19 (SMK 20)
3.   Tim 26 (SMKN 1)
4.   Tim 28 (SMKN 16)
5.   Tim 8 (SMK 41)
6.   Tim 17 (SMK 20)
7.   Tim 33 (SMK PKP 1)
8.   Tim 18 (SMKN 20)
9.   Tim 25 (SMKN 1)
10.        Tim 16 (SMKN 10)

Universitas/STIE
Tim 1
Univ. Indonesia
Tim 2
STIE YAI
Tim 5
STEI Tazkia
Tim 7
Univ. Musi
Tim 8
PNJ
Tim 9
PNJ
Tim 17
Univ. Mercubuana
Tim 19
Univ. Mrecubuana
Tim 20
Univ. Trilogi
Tim 21
Univ. Trilogi

Pada Babak Semifinal tahap 1 peserta SMA/SMK mengikuti Babak Question&Answer dengan  juri Ibu Winani Winani Kumalasary ( Direktur Utama PT. Daya Wisesa Sinergi ), Bapak Hendra Railis (Manajer dari KAP DBS&D), Ibu Sri Opti (Dosen Akuntansi Universitas Trilogi). Sedangkan Tim Universitas  masuk ke Babak Computerized Accounting dengan software MYOB V19. Juri untuk babak ini adalah dari pihak MYOB Professional yaitu Bapak Darmanto Boroni. Setelah  itu di adakan ISHOMA selama 60 menit. Setelah ISHOMA dilanjutkan dengan Babak Semifinal tahap 2 yaitu Question&Answer untuk Universitas/STIE dengan juri Ibu Winani Winani Kumalasary ( Direktur Utama PT. Daya Wisesa Sinergi ), Bapak Hendra Railis (Manajer dari KAP DBS&D), serta Bapak Yahya Santosa, SE, Ak, MMsi, CPA, CPMA ( Managing Partner of Registered Public Accountant Y. Santosa ). Sedangkan untuk tim SMA/SMK masuk ke babak Computerized Accounting MYOB V19 dengan juri dari MYOB Professional. Dari Babak Semifinal ini akan di ambil 3 tim yang akan lolos menuju ke Babak final. Tahap Computerized dan Question&Answer berlangsung masing-masing selama 90 menit.
Acara kami lanjutkan sekitar pukul 13.45 WIB dengan mengumumkan beberapa peserta yang berhasil lolos dan dapat melanjutkan ke Babak Final. Hasil peserta SMA/SMK yang lolos yaitu :
1.    SMKN 25 Jakarta Tim 5
2.    SMKN 1 Bogor Tim 26
3.    SMKN 20 Jakarta Tim 18
Peserta Universitas/STIE yang lolos yaitu :
1.   Universitas Trilogi
Ø  TIM 21
2.   STEI Tazkia
Ø  TIM 5
3.   Politeknik Negeri Jakarta
Ø  TIM 8
Setelah diumumkannya 3 tim yang dapat lolos ke Babak Final, MC kembali mengarahkan kepada peserta yang lolos mengenai informasi penting pada babak berikutnya. Pada Babak Final terdiri dari Tahap Case Study dan Presentasi.  Pertama-tama peserta akan mengerjakan soal Case Study selama 45 menit yang bertempat di Laboratorium Komputer Lantai 2, Gedung perkuliahan Universitas Trilogi.Dewan Juri pada Babak Final untuk tingkat SMA/SMK yaitu  Ibu  Sri Opti dan Bapak Hendra Railis, SE., MM., Ak, CA. Sedangkan dewan juri pada tingkat Universitas/STIE yaitu Bapak Yahya Santosa, SE, Ak, MMsi, CPA, CPMA ( Managing Partner of Registered Public Accountant Y. Santosa ) dan Winani Kumalasary ( Direktur Utama PT. Daya Wisesa Sinergi). Pada babak  presentasi peserta lomba diberikan waktu selama 20 menit dengan rincian sebagai berikut : 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri.
Setelah semua peserta mendapatkan kesempatan dalam tahap presentasi dan tanya jawab, maka peserta diarahkan kembali menuju Atrium untuk menunggu hasil pengakumulasian skor dan pengumuman pemenang kompetisi 3Action. Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor Universitas Trilogi dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Dewan Juri Bapak Yahya Santosa, SE, Ak, MMsi, CPA, CPMA. Kemudian MC mengumumkan pemenangnya sebagai berikut :
1.   Pemenang SMA/SMK
4.   Juara 1 : SMKN 25 Jakarta Tim 5
5.   Juara 2 : SMKN 1 Bogor Tim 26
6.   Juara 3 : SMKN 20 Jakarta Tim 18
2.   Pemenang Universitas/STIE
7.   Juara 1 : Universitas Trilogi Tim 21
8.   Juara 2 : Politeknik Negeri Jakarta Tim 5
9.   Juara 3 : STEI Tazkia Tim 8
Kami selaku panitia membagikan semua hadiah kepada setiap peserta pemenang lomba yang diserahkan oleh Bapak Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor, Riris Friska selaku Ketua HIMA Trilogi, dan Achmad Maulana selaku Ketua Pelaksana 3Action. Tak lupa pula dilakukan sesi foto bersama semua pemenang, dewan juri, Rektor, dan Dosen Universitas Trilogi yang telah mendukung berlangsungnya acara kompetisi 3Action ini.
Semoga acara 3Action part V ini dapat menyatukan tali persaudaraan baik antar mahasiswa akuntansi maupun antar pelajar. Kami atas nama HIMA Trilogi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pendukung, sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan, karena tanpa dukungan dari para pihak rangkaian acara 3ACTION Part VI ini tidak dapat berlangsung dengan sukses. Adapun stakeholder dan sponsor acara kami, Universitas Trilogi, Ikatan Akuntan Indonesia, Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Cannes and Chevalier, MYOB Professional Partner, Studio Hasan Batik Bandung, Trans Studio Bandung. Acara ini di sponsori pula oleh Damandiri, Inul Vizta, Wardah, Love Juice, Kompas, SilverQueen, Telkomsel, Penerbit Erlangga. Sebagai media partner dalam acara 3Action yaitu Radio 103.4 DFM Jakarta, Seputarkampus.com, Kabarkampus.com, ISIC, 88 FM Mustang, Waralaba, Wirausaha Kreatif, Tabloid Peluang Usaha.

Berikut adalah beberapa dokumentasinya :















Comments

Popular Posts