Brawijaya Accounting Fair (BAF) 2013

Pada tanggal 24 November 2013 Universitas Trilogi mengirimkan sembilan orang mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi akuntansi di Univesitas Brawijaya. Sembilan mahasiswa tersebut terdiri dari tiga tim. Tim pertama terdiri dari Hamdan Surya Octanto (2010), Santika Febriany (2011), dan Riris Friska (2012). Tim kedua terdiri dari Julian Fareza (2010), Jayanti Kumalasari (2011), dan Nindya Andansari (2011). Tim ketiga terdiri dari Selvitri (2010), Selva Octami Sari (2011), dan Rahmah Juniati (2011). Ketiga tim didampingi oleh seorang dosen Universitas Trilogi, yaitu Ibu Novita.
Hari Minggu tanggal 24 November 2013, tiga tim beserta pendamping berangkat menuju Universitas Brawijaya menggunakan Kereta Api Majapahit dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Malang. Kereta berangkat pukul 15.15 dan sampai di stasiun Malang hari Senin, 25 November 2013 pukul 08.45.
Sesampainya di Stasiun Malang ketiga tim beserta pendamping disambut dengan sangat ramah oleh panitia, lalu diantarkan menuju tempat penginapan. Di tempat penginapan, tim beserta pendamping mempersiapkan diri untuk mengikuti seminar yang merupakan rangkaian acara Brawijaya Accounting Fair (BAF). Seminar terdiri dari tiga sesi, akan tetapi karena keterlambatan kereta, tim hanya bisa mengikuti dua sesi. Sesi kedua bertema Kesiapan Indonesia dalam Liberalisasi Ekonomi dengan pembicara Wildan Syafitri yang merupakan Guru Besar Universitas Braijaya dimulai pada pukul 10.00 dan selesai pukul 12.00. Sesi ketiga bertema Peran dan Pengembangan Regulasi Akuntansi dalam Menghadapi Liberalisasi Ekonomi, dengan pembicara dengan pembicara Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M. Ec, Ph.D, CPA, CA yang merupakan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur pada pukul 13.30 hingga pukul 15.00. Selesainya Acara Seminar dilanjutkan dengan Technical Meeting untuk menjelaskan kompetisi yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 26 November 2013. Technical Meeting selesai pada pukul 17.30 dan kemudian tim beserta pendamping kembali ke tempat penginapan.
Di tempat penginapan, mahasiswa dan dosen Universitas Trilogi makan bersama pada pukul 19.00. Selesai makan mahasiswa Universitas Trilogi kembali membentuk tim dan mulai belajar. Materi dijelaskan oleh Ibu Novita dan kemudian pada pukul 22.00 kegiatan belajar selesai dan ditutup dengan doa bersama supaya masing-masing mahasiswa merasa lebih tenang dan lebih percaya diri untuk menghadapi kompetisi.
Selasa, 26 November 2013 pukul 06.00 masing-masing mahasiswa sudah siap untuk menghadapi kompetisi dan pukul 06.30 setelah selesai sarapan, tim beserta pendamping berangkat menuju Universitas Brawijaya. Brawijaya Accounting Fair (BAF) 2013 bertema Accounting in Economic Liberalization: Challanges and Opportunities ini diikuti oleh 12 tim. 3 tim perwakilan Universitas Trilogi, 3 tim perwakilan Universitas Surabaya, 2 tim perwakilan Universitas Airlangga, 1 tim perwakilan Universitas Trisakti, 1 tim perwakilan Universitas Atmajaya Jogjakarta, 1 tim perwakilan STIE Asia Malang dan 1 tim perwakilan Universitas Hasanuddin, Makassar.
Babak pertama dari kompetisi BAF ini merupakan babak Debat, dimana setiap 2 tim berada di satu ruangan dan dan dinilai oleh 3 orang juri. Tim yang menang pada babak ini secara otomatis akan masuk ke babak semifinal. Di babak ini 2 tim Universitas Trilogi menang dan dapat melanjutkan babak semifinal, tim tesebut adalah tim Trilogi 1 dan tim Trilogi 2. Babak selanjutnya adalah babak Point Bank. Babak ini akan menentukan 2 tim yang kalah pada babak Debat supaya dapat mengikuti babak semifinal. Babak Point Bank ini menguji pengetahuan masing-masing mahasiswa, dimana anggota dari satu tim duduk berjauhan dan kemudian dibacakan soal oleh MC lalu anggota tim harus menjawabnya dalam waktu 10 detik untuk soal teori, dan 20 detik untuk soal hitungan. 2 tim dengan nilai tertinggi pada babak ini yang kalah pada babak Debat adalah tim perwakilan Universitas Surabaya dan tim perwakilan Universitas Trisakti. Dan untuk tim yang sudah menang pada babak Debat, poin yang didapatkan akan diakumulasi dengan poin-poin dari babak lainnya untuk menentukan kemenangan.
Babak Semifinal tediri dari 8 tim yaitu 2 tim pewakilan Unversitas Trilogi, 2 tim perwakilan Universitas Surabaya, 1 tim perwakilan Universitas Trisakti, 1 tim perwakilan Universitas Atmajaya Jogjakarta, 1 tim perwakilan Universitas Airlangga dan 1 tim perwakilan Universitas Hasanuddin, Makassar. Babak  Semifinal ini terdiri dari babak Personal Judgement Challanges dimana tiap-tiap anggota suatu tim berada di ruangan yang berbeda. Babak ini merupakan babak yang menguji kemampuan nalar, pengetahuan, dan kemampuan mempresentasikan pendapat. Pada babak ini masing-masing mahasiswa memilih kasus yang belum diketahui, kemudian diberikan waktu 2 menit untuk berpikir, 3menit untuk mempresentasikan jawaban pada juri, dan 3 menit untuk tanya-jawab dengan juri. Kasus yang diberikan beragam dan saat presentasi kasus harus dijelaskan berdasarkan PSAK. Dari babak ini diambil 5 tim terbaik untuk maju ke babak Final.
Babak Final diikuti oleh tim Universitas Trilogi 1, tim Universitas Surabaya 1 & 2, tim  Atmajaya Jogjakarta, dan tim Universitas Airlangga 1. Pada babak terakhir ini dinamakan babak Case Analysis karena tiap tim diberikan waktu 1 jam untuk menganalisis 3 mini kasus yang diberikan. Kasus pertama merupakan kasus Budgeting, kasus kedua adalah analisis laporan keuangan perusahaan, dan kasus ketiga adalah opini dari kasus yang sedang terjadi saat ini. Kompetisi berakhir pada pukul 18.00 dan setelah itu masing-masing tim kembali ke tempat penginapan. Setelah mempersiapakan diri tim dan pendamping mengikuti Gala Dinner yang yang diselenggarakan panitia. Gala Dinner tersebut sekaligus acara pengumuman pemenang.
Pada Acara Gala Dinner diumumkan bahwa pemenang dari kompetisi tersebut adalah tim Universitas Surabaya 1, peringkat kedua adalah tim Universitas Surabaya 2, peringkat  ketiga adalah tim Universitas Atmajaya Jogjakarta, peringkat keempat adalah tim Universitas Trilogi 1, dan peringkat kelima adalah Universitas Airlangga. Acara selesai pada pukul 22.00 dan masing-masing tim kembali ke tempat penginapan.
Rabu, 27 November 2013 pukul 08.00 seluruh peserta dan pendamping tim menuju Eco Green Park, Batu, Malang. Acara ini merupakan rangkaian acara BAF 2013. Masing-masing peserta dapat merefresh kembali pikirannya setelah acara kompetisi. Tim Universitas Trilogi beserta pendamping kembali menuju Stasiun Malang pada pukul 12.00 karena kereta menuju Jakarta berangkat pada pukul 13.45. Dan akhirnya pada hari Kamis, 28 November 2013 pukul 08.15 mahasiswa dan seorand dosen Universitas Trilogi sampai di Stasiun Jatinegara dan kemudian mahasiswa kembali ke rumah masing-masing. Kami berharap, untuk kedepannya tim lomba Universitas Trilogi dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada lomba-lomba sebelumnya. SEMANGAAATT!! :D
Berikut adalah beberapa dokumentasinya:












Salam, IMA Trilogi! :D

Comments

Popular Posts