Audit Grand Discussion at Universitas Indonesia


Pada tanggal 27 September 2011 bulan lalu, HIMAPI mewakili STEKPI mengirimkan anggotanya sebagai perwakilan untuk mengikuti Audit Grand Discussion di Universitas Indonesia.

Perwakilan dari HIMAPI diantaranya: Sari Nafitri P., Suci Rianie, Resha Febrianto, Rahmia Rivalina, dan Finda Lestari.

SPA FE UI selaku penyelenggara mengangkat tema Risk Based Audit yang sedang berkembang di Indonesia. Universitas lain yang menghadiri Audit grand Discussion diantaranya President University, UPN, Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), dll.

Pembicara yang dihadirkan diantaranya Bapak Agustinus Tobing – Internal Audit Lecturer at FEUI yang mengupas tuntas mengenai Risk Based Audit (RBA) melalui empat sesi. Diantaranya:

I. Introduction to Risk Based Audit

II. Understanding Risk Concepts

III. Risk Assesment for internal Audit

IV. Case Study

Sesi yang paling menarik adalah sesi keempat yakni pemberian case study kepada peserta, dimana sebelumnya peserta telah dibagi menjadi 15 kelompok. Kelompok 1 -5 membahas tentang Case 1 dengan tema Inventory. Kelompok 6-10 membahas tentang Case 2 dengan tema Revenue. Kelompok 11-15 membahas Case 3 dengan tema Purchasing.

Pembicara kedua merupakan Internal Auditor dari dua perusahaan terkemuka di Indonesia, yakni Hidayat P – Internal Auditor PT Mandiri Tbk dan Suryaningrum – Internal Auditor PTAstra Intl Tbk. Pada sesi ini merupakan semi talkshow. Acara berakhir pukul 15.00 WIB, ditutup dengan pemberian plakat kepada para pembicara.


Comments

Popular Posts