Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi Presents: 3Action Part V "National Accounting Competition" 23 April 2014"





Pada hari Rabu, 23 April 2014 HIMA Trilogi menyelenggarakan rangkaian acara 3Action yang kedua yaitu Accounting Competition untuk tingkatan SMA/SMK se-JABODETABEK dan juga untuk tingkatan Universitas/STIE se-INDONESIA.
Dalam 3Action ( Trilogi Accounting Competition ) ini hadiah yang diperebutkan oleh peserta berupa :    1.      Universitas
 Juara I             : Piala Bergilir, Piala, Sertifikat, Softwere Original Zahir
                          dan   Uang Tunai  Rp 7.000.000,-
Juara II            : Piala, Sertifikat, dan Uang Tunai Rp 5.000.000,-
Juara III          : Piala, Sertifikat, dan Uang Tunai Rp 3.000.000,-

2.      SMA dan SMK
Juara I             : Piala Bergilir, Piala, Sertifikat, Software Original Zahir
                         dan Uang Tunai Rp 5.000.000,- + Beasiswa TRILOGI
Juara II            : Piala, Sertifikat, dan Uang Tunai Rp 3.000.000,- 
                          + Beasiswa TRILOGI
Juara III          : Piala, Sertifikat, dan Uang Tunai Rp 2.000.000,-
                           + Beasiswa TRILOGI

         Dimana peserta yang terdaftar sebagai peserta 3Action tingkat SMA/SMA terdiri dari 35 tim dan peserta 3Action tingkat Universitas/STIE terdiri dari 8 tim. Dimana peserta Universitas/ STIE yang mengikuti Accounting Competition terdiri dari :
Universitas Mercubuana
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
STIE Musi Palembang
UHAMKA
            Dimulai dengan babak yang pertama yaitu Babak Penyisihan,Babak Penyisihan 1 berlangsung selama 60 menit kemudian peserta diberikan waktu istirahat sebentar sekitar 15 menit, kemudian lanjut kembali untuk babak penyisihan tahap 2 yang berlangsung selama 60 menit. Perhitungan serta penilaian di tahap 1 dan tahap 2 dilakukan oleh Panitia 3Action.Setelah Babak Penyisihan 1 dan 2 berlangsung peserta diarahkan kembali untuk menuju atrium sambil menunggu perhitungan nilai untuk setiap tim dan untuk penentuan peserta yang lolos untuk ke Babak Semifinal. Karena peserta Universitas/STIE tidak diadakan penyisihan tim maka skor akan diakumulasikan dengan Babak Semifinal, untuk itu peserta Universitas/STIE tanpa menunggu hasil di Babak Penyisihan 1 dan 2, maka peserta Universitas langsung melanjutkan ke Babak Semifinal yaitu Tahap Computerized di Laboratorium lantai 3 dan untuk peserta SMA/SMK Tahap Computerized di Laboratorium lantai 2.
            Untuk peserta SMA/SMK yang lolos ke Babak Semifinal yaitu 10 tim dimana terdiri dari :
SMKN 20 Jakarta Tim 1  Tim 2 Tim 3
SMKN 6 Jakarta
SMA Kristen Yusuf Tim 2 Tim 3
SMAK 1 Penabur
SMAK 3 Penabur
SMKN 15 Jakarta
SMKN 50 Jakarta

          Pada Babak Semifinal ini Tahap Computerized untuk semua peserta Accounting Competition softwere yang kami gunakan adalah  software Zahir.Dari Babak Semifinal ini akan di ambil 4 tim yang akan lolos menuju ke Babak final dan tentunya dengan skor 4 tertinggi pula.Setelah Tahap Computerized berlangsung dan karena waktu sudah menunjukan pukul 12.30 WIB semua peserta diberikan waktu untuk ISHOMA selama kurang lebih 60 menit sambil menunggu pengakumulasian nilai serta pengumuman peserta yang akan lolos ke Babak Final. Acara kami lanjutkan sekitar pukul 13.30 WIB dengan mengumumkan beberapa peserta yang berhasil lolos dan dapat melanjutkan ke Babak Final. Hasil peserta SMA/SMK yang lolos yaitu : SMKN 20 Jakarta Tim 1,2,3 dan SMKN 50 Peserta Universitas/STIE yang lolos yaitu :  UHAMKA,  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta,  STIE Musi Palembang, Universitas Mercubuana.

          Pada Babak Final terdiri dari Tahap Bank Poin dan Tahap Presentasi dan Debat. Pertama-tama peserta akan menghadapi Tahap Bank Point dimana sistemnya seperti babak rebutan dengan jumlah soal 10 dan di setiap soalnya mengandung poin yang akan terus meningkat dari point 50 sampai point 95. Dewan Juri pada Tahap Bank Point untuk tingkat SMA/SMK yaitu  Ibu Lely Dahlia, S.E, M.Ak, sedangkan dewan juri pada tingkatUniversitas/STIE yaitu Bapak Yahya Santosa, SE, Ak, MMsi, CPA, CPMA ( Komisaris PT. Daya Wisesa Sinergi ) dan Winani Kumalasary ( Direktur Utama PT. Daya Wisesa Sinergi ). Total skor dari Tahap Bank Point akan di akumulasikan dengan total skor pada babak presentasi dan debat.Setelah menunggu untuk mengakumulasikan, dewan juri pun memberikan hasil akhir pengakumulasian skor peserta, dan dengan demikian diumumkanlah peserta mulai dari juara 1, juara 2, sampai juara 3 untuk tingkat SMA/SMK maupun Universitas/STIE. Dimana pemenangnya sebagai berikut :
1.      Pemenang SMA/SMK
      Juara 1 : SMKN 20 Jakarta TIM 3
      Juara 2 : SMKN 20 Jakarta TIM 2
      Juara 3 : SMKN 20 Jakarta TIM 1
2.      Pemenang Universitas/STIE
      Juara 1 : STIE Musi Palembang
      Juara 2 : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
      Juara 3 : UHAMKA 
       Tanpa berlama-lama langsung saja kami selaku panitia membagikan semua hadiah kepada setiap peserta pemenang lomba yang diserahkan oleh Bapak Dr. Aam Bastaman selaku wakil rektor bidang akademik, Wahyu Hadi Saputro selaku Ketua HIMA Trilogi, dan Riris Friska selaku Ketua Pelaksana 3Action. Tak lupa pula dilakukan sesi foto bersama semua pemenang dan semua dewan juri yang telah mendukung berlangsungnya acara kompetisi 3Action ini.
       Semoga acara 3Action part V ini dapat menyatukan tali persaudaraan baik antar mahasiswa akuntansi maupun antar pelajar. Kami atas nama HIMA Trilogi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pendukung, sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan, karena tanpa dukungan dari para pihak rangkaian acara 3Action Part IV ini tidak dapat berlangsung dengan sukses. Adapun, stakeholder dalam acara ini, Universitas Trilogi, Ikatan Akuntansi Indonesia, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. Acara ini di sponsori pula oleh Bumi Putra, Damandiri, Fruppy, Kompas, Jasamarga, Zahir, Bandung Simulator Center. Sebagai media partner dalam acara 3Action yaitu Radio 103.4 DFM, Majalah GEMARI, Tabloid Wanita Indonesia.

Berikut dokumentasi acara ini : 























Comments

Popular Posts