HIMAPI Presents: STATION Part IV "Accounting Competition" 20-21 Maret 2013



Hari Pertama (Rabu, 20 Maret 2013)

Hari pertama STEKPI Accounting Competition diawali dengan registrasi para peserta untuk mendapatkan id card peserta, goddie bag dan snack, sebelumnya peserta telah mendapatkan booklet pada saat Technical Meeting. Namun, booklet tetap diberikan kepada para peserta yang tidak hadir pada saat pelaksanaan technical meeting. Registrasi dilakukan sampai pukul 08.00 kemudian MC melakukan pembukaan setelah itu para peserta segera melakukan babak per babak pada tahap Penyisihan. Acara pembukaan mengalami kendala karena bangku disewakan oleh pihak luar mengakibatkan para peserta berdiri. Penyisihan I di lakukan oleh 16 tim Universitas dan 15 tim SMA/SMK peserta yang tiap tim nya dibagi menjadi 3 ruangan untuk Universitas dan 3 ruangan untuk SMA/SMK kemudian mereka mengerjakan soal.Lalu istirahat 15 menit setelah itu langsung memasuki tahap penyisihan II.Setelah tahap penyisihan II baru diumumkan tim mana yang gugur dan tim mana yang memasuki tahap Semifinal. Sejauh ini, acara masih berjalan dengan lancar.

Kemudian MC mulai mengumumkan para peserta yang lolos babak semifinal. Peserta yang lolos masuk babak semi final untuk universitas diantaranya STAN 1, STAN 2, UBM 1, UBM 2, PRASETYA MULYA, STIE MUSI 1, STIE MUSI 2, UIN, MERCUBUANA 1 dan WIDYA MANDALA dan untuk SMA/SMK diantaranya SMKN 40 1, SMKN 40 2, SMAN 1 DEPOK, SMKN 22, SMKN 16 2, SMA DHAMASAVANA 1, SMA DHAMASAVANA 3, SMAK PENABUR 1 tim 1, SMAK PENABUR 1 tim 2 dan SMAK PENABUR 1 tim 3, kemudian mereka melakukan tahap demi tahap semi final diantaranya babak Computerized khusus Universitas yang dilakukan di Lab 3, di babak ini Ibu Dian Febrianti, SE bertindak sebagai Juri. Babak ini dilakukan selama 120 menit. 

Semi final kedua yaitu babak Ranking 1 dilakukan di Atrium, babak ini terbuka dan disaksikan oleh mahasiswa Universitas Trilogi dan Resha Febrianto selaku Ketua Himapi. Pada babak ini Bapak Dodik Suwondo,S.E.,Ak sebagai Dewan Juri Universitas dam Ibu Muyassaroh,S.E.,Ak.,M.Ak. Babak semi final dilanjutkan dengan Babak Tepat Berani yang dilaksanakan di Atrium dan Bapak Dodik,S.E.,Ak  bertindak sebagai Dewan Juri Universitas, dan Ibu Musyassaroh,S.E.,Ak.,M.Ak sebagai Dewan Juri SMA/SMK. Dalam tahap tepat berani terjadi kendala karena panitia pencatat skor binggung tulisan peserta untuk pertaruhan nilainya terlalu kecil untuk SMA yang memasuki babak final diantaranya SMKN 40 1, SMAN 1 DEPOK, SMAK PENABUR tim 2 dan SMAK PENABUR tim 3.Dan lomba Universitas juga mengalami kendala karena terjadi kesalahan penjumlahan poin sehingga kami memutuskan 5 tim yang memasuki babak final diantaranya STAN 1, STAN 2, UBM 1, UBM 2 dan STIE MUSI 1.

Hari Kedua (Kamis, 21 Maret 2013)

Hari kedua diikuti oleh 5 tim untuk Universitas yaitu STAN 1, STAN 2, UBM 1, UBM 2 dan STIE MUSI 1 dan SMA/SMK yaitu SMKN 40 1, SMAN 1 DEPOK, SMAK PENABUR tim 2 dan SMAK PENABUR tim 3. Para peserta kembali melakukan registrasi sampai pukul 08.00 WIB. Para peserta menunggu untuk pembagian ruangan untuk babak X or Y dan para peserta menikmati snack yang panitia sediakan di Atrium. Para peserta memulai babak X or Y diruangan Seminar Internasional Lt.4 untuk Universitas dan diruangan Seminar Eksekutif Lt.2 Babak ini berjalan dengan lancar Bpk. Septian Bayu Kristanto, SE., M.S.AK bertindak sebagai juri Universitas dan Ibu Lely Dahlia,S.E.,Ak.,M.Ak. Dibabak ini panitia menggunakan dadu sebagai media untuk memilih soal yang akan mereka jawab. 

Setelah babak tersebut, dilanjutkan dengan babak Bank Poin pada ruangan dan Juri yang sama. Selesai babak Bank Poin peserta istirahat selama 10 menit. Setelah istirahat para peserta ditempatkan diruangan 210 untuk SMA dan Ruangan 405 untuk Universitas didalam ruangan tersebut mereka mempersiapkan dan membuat materi untuk babak Presentasi dan debat selama 60 menit. Setelah diberi waktu 60 menit untuk mempersiapkan materi peserta menuju Ruang Seminar Internasional Lt.4 untuk Universitas dan Ruang Seminar Eksekutif Lt.2 untuk SMA/SMK. Babak presentasi dilakukan selama 40 menit yang terdiri dari 15 menit penjelasan dan 25 menit Tanya jawab. Tim yang mendapat giliran pertama untuk presentasi untuk Universitas adalah UBM 1 lalu dilanjutkan dengan MUSI 1, UBM 2, STAN1 dan yang terakhir adalah STAN 2. Pada babak ini yang bertindak sebagai Juri Presentasi adalah Bapak Yahya Santosa, Ak. CPA dan Ibu Winani Kumalasary, S.E.,Ak.,QIA.,PIA untuk Universitas dan Juri SMA adalah Ibu Novita,S.E.,Ak.,M.Ak dan Ibu Sri Opti,S.E.,Ak.,MM. Pada babak final nilai akhir merupakan hasil dari akumulasi nilai babak X or Y sampai dengan Babak Presentasi dan Debat.

Sambil mengisi waktu senggang dan pengumuman pemenang yang diberitahukkan panitia mengisinya dengan perkuisi dari anak jalanan. Dan akhirnya, Stekpi Accounting Competition Universitas tahun ini dimenangkan oleh STAN 2 mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.000.000, Piala Juara 1,Piala Bergilir, Sertifikat dan Goodie Bag. Kemudian Juara kedua dimenangkan oleh UBM 2 dengan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000, Piala Juara 2, Sertifikat serta Goodie Bag dan Juara 3 di menangkan oleh STIE MUSI 1 mendapatkan uang tunai senilai Rp.3000.000, piala Juara 3, Sertifikat dan Goodie Bag dan Harapan 1 didapatkan oleh STAN 1 dengan mendapatkan Sertifikat dan Goodie Bag.Harapan 2 didapatkan oleh UBM 1 dengan mendapatkan Sertifikat dan Goodie Bag. Stekpi   Accounting Competition SMA dimenangkan oleh SMAK PENABUR 1 tim 3 mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.000.000, Piala Juara 1,Piala Bergilir, Sertifikat dan Goodie Bag. Kemudian Juara kedua dimenangkan oleh SMAN 1 DEPOK dengan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000, Piala Juara 2, Sertifikat serta Goodie Bag dan Juara 3 di menangkan oleh SMKN 40 mendapatkan uang tunai senilai Rp. 2.000.000, piala Juara 3, Sertifikat dan Goodie Bag dan Harapan 1 didapatkan oleh SMAK PENABUR 1 tim 2 dengan mendapatkan Sertifikat dan Goodie Bag.

Semoga acara STATION part IV ini dapat menyatukan tali persaudaraan baik antar mahasiswa akuntansi maupun antar pelajar. Kami atas nama HIMAPI, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pendukung, sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan, karena tanpa dukungan dari para pihak rangkaian acara STATION Part IV ini tidak dapat berlangsung dengan sukses. Adapun, stakeholder dalam acara ini, Pendukung (Universitas Trilogi (d/h STEKPI), IAI, PT. Bank Mandiri Tbk, OJK (d/h BAPEPAM-LK), Dinas Pendidikan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, MYOB student Indonesia, MYOB Indonesia, IMAI Simpul Jakarta), Sponsor (Unilever, Kompas, PT. Poly Jaya Medikal) dan Media Partner (Global TV, GEMARI, Ecolish, 103.4 Radio DFM Jakarta, @apaajaiklan, dan ai AKUNTAN  INDONESIA). Kami juga berterima kasih kepada Bapak Katjep K. Abdoelkadir yang menyambut baik acara kami ini. Dan satu lagi, kami menginfomasi kepada para peserta yang mengikuti Seminar/Company Visit akan mendapatkan potongan 10% untuk Training dan Certification MYOB yang akan diselenggarakan HIMAPI. Untuk info lebih lanjut add twitter kami : @himapistekpi.

Berikut adalah beberapa dokumentasinya :












Salam HIMAPI :D

Comments

Popular Posts