Accounting Competition Universitas/Sekolah Tinggi (3ACTION Part VII) “Grab the Opportunities, Be a Brilliant Accountant”



Pada hari Selasa, 26 April 2016 HIMA Trilogi menyelenggarakan rangkaian acara 3Action Part VII yaitu Accounting Competition untuk tingkat Universitas/Sekolah Tinggi. Peserta datang dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan juga Sekolah Tinggi diantaranya : Universitas Indonesia, Universitas Bhayangkara, Universitas Trilogi, Universitas Al-Azhar, Universitas Bhayangkara, STIE Bina Niaga dan Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia.
Perlombaan dimulai dengan babak yang pertama yaitu Babak Penyisihan I, dimana peserta mengerjakan Paper mengenai Integrated Reporting yang dikumpulkan kepada panitia H-7 acara, yaitu pada 19 April 2016. Selanjutnya pada tanggal 26 April peserta melanjutkan Babak Penyisihan I tahap II yaitu mengerjakan soal Laporan Konsolidasi yang dikerjakan secara tim. Pada Babak Pengerjaan soal Laporan Konsolidasi ini peserta diberikan waktu 45 menit.  Setelah 45 menit berlangsung peserta diberikan waktu untuk beristirahat dan menyiapkan diri untuk ke Babak selanjutnya.
Babak selanjutnya adalah Babak Penyisihan II yaitu Computerised Accounting menggunakan software MYOB, tim yang lolos ke Babak Penyisihan II ini adalah 5 team. Pada Babak Penyisihan II ini diawasi dan sekaligus diperiksa oleh Juri dari pihak MYOB Professional yaitu Bapak Darmanto Boroni, beliau adalah seorang konsultan akuntansi. Setelah Babak Penyisihan I dan II berlangsung peserta diarahkan kembali untuk menuju atrium sambil menunggu perhitungan nilai untuk setiap tim dan untuk penentuan peserta yang lolos untuk ke Babak Semifinal.
Babak Semifinal yaitu Babak Debat. Pada Babak Debat ini peserta yang lolos adalah 4 tim. Empat tim tersebut diundi untuk menentukan lawan dari masing-masing tim, dan peserta tebagi menjadi 2 ruangan, sebelum mereka memasuki ruangan kompetisi, mereka diwajibkan mencari soal yang berada diarea Plaza Universitas Trilogi dan area Atrium Universitas Trilogi. Setiap team diwajibkan untuk mencari 3 soal sesuai dengan klue yang ditentukan oleh panitia, klue tersebut adalah $, € dan ¥. Setelah mendapatkan soal setiap team memasuki ruang kompetisi. Babak Debat ini berlangsung selama 90 menit.
Setelah Babak Debat selesai, tim yang unggul pada setiap ruangan akan masuk ke babak final, yaitu babak case study dan presentasi, sedangkan tim yang kalah dalam Babak Debat akan melakukan babak lanjutan yaitu Bank Point untuk menentukan juara ketiga. Team yang bertanding dalam babak Bank Point adalah STIE Bina Niaga dan Universitas Bhayangkara. Setelah dilakukan persaingan yang cukup ketat, akhirnya Universitas Bhayangkara berhasil mengungguli STIE Bina Niaga dan ditetapkan menjadi peraih juara ketiga.
Babak Final terdiri dari Tahap Case Study dan Presentasi.  Pertama peserta mengerjakan soal Case Study selama 45 menit kemudian dilanjutkan dengan babak  presentasi dan tanya jawab antara peserta dan dewan juri. Dewan juri pada babak ini adalah Ibu DRA. Ellya Noorlisyati, Ak., CPA yang merupakan Rekan Pimpinan dari KAP Ellya Noorlisyati dan Rekan.  
Setelah semua peserta mendapatkan kesempatan dalam tahap presentasi dan tanya jawab, maka peserta diarahkan kembali menuju Atrium untuk menunggu hasil pengakumulasian skor dan pengumuman pemenang kompetisi 3Action. Selanjutnya, acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor Universitas Trilogi dilanjutkan dengan pengumuman pemenang.
Pemenang Accounting Competition (3ACTION Part VII) Universitas/STIE sebagai berikut:
1.      Juara 1 : Universitas Indonesia
2.      Juara 2 : Universitas Trilogi
3.      Juara 3 : Universitas Bhayangkara
Hadiah yang diberikan kepada peserta yaitu berupa :
*      Juara I : Piala Bergilir, Trophy, Uang Tunai  Rp 5.000.000, Medali, Sertifikat, Paket Big Cola and Big Fresh dan YOU C1000.
*      Juara II            : Trophy, Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 3.000.000, Paket Big Cola and Big Fresh dan YOU C1000.
*      Juara III : Trophy , Medali, Sertifikat, Uang Tunai  Rp 2.000.000, Paket Big Cola and Big Fresh dan YOU C1000.
Kami selaku panitia mengucapkan selamat kepada para pemenang Accounting Competition Universitas/STIE dalam rangkaian acara 3ACTION Part VII. Semoga acara 3Action part VII ini dapat menyatukan tali persaudaraan antar mahasiswa terutama mahasiswa akuntansi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kami atas nama HIMA Trilogi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini, baik sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan.
Organized By        : HIMA TRILOGI
Supported By         : Universitas Trilogi, Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ), MYOB Professional Partner.
Sponsored By        : Bukalapak.com, Big Cola & Big Fress, You C-1000, Sosro, Kedai Phopaay.
Media Partner      : Event Jakarta, Kabarkampus.com.

Comments

Popular Posts