Seminar Nasional 3Action Part VII “Sistem Pelaporan dengan Integrated Reporting sebagai Suatu langkah untuk Meningkatkan Kepercayaan Investor dan Kreditor”

            Pada tahun 2016 ini, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi kembali menyelenggarakan rangkaian acara 3ACTION Part VII  dengan tema “Building Investor and Creditor Trust through Integrated Reporting” mulai tanggal 25-27 April & 2 Mei 2016. Rangkaian acara 3ACTION Part VII dimulai dengan acara Seminar Nasional yang mengusung tema mengenai “Sistem Pelaporan dengan Integrated Reporting Sebagai Suatu Langkah Untuk Meningkatkan Kepercayaan Investor Dan Kreditor”.
Proses registrasi dimulai pada pukul 08.00 WIB di depan Ruang Auditorium Gedung Perkuliahan lantai 2 Universitas Trilogi. Seminar 3ACTION kali ini dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. selaku Dewan Pembina, Rektor Universitas Trilogi Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Akademik Bapak Dr. Aam Bastaman, Wakil Rektor bidang Sumber Daya, Bapak Efendri, S.E, Ak. M.Si, Ketua Program Studi S1 Akuntansi, Ibu Muyassaroh S.E. Ak., MM., CA, Bapak Erik Armayuda S.Sn., M.Ds selaku Kabag. Kemahasiswaan dan Alumni serta dosen – dosen Universitas Trilogi serta kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari peserta Trilogi Accounting Competition tingkat SMA/SMK dan tingkat Universitas, mahasiswa Universitas Trilogi, serta peserta lain baik dari kalangan mahasiswa hingga para professional dan praktisi.
 Seminar 3ACTION Part VII dimulai dengan pembukaan dari MC kami yaitu Nurfitria dan Agung Hermawan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Trilogi. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Puput Pasandra Putri sebagai Ketua Pelaksana Seminar 3Action, Melyana Tyas Anggraeni sebagai Ketua HIMA Trilogi, Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc sebagai Rektor Universitas Trilogi, dan Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Setelah sambutan, rangkaian 3Action diresmikan secara simbolis yaitu dengan menggunting pita yang dilakukan oleh Bapak Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A., Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc, Melyana Tyas Anggraeni, dan Puput Pasandra Putri. Setelah peresmian acara 3ACTION Part VII dilanjutkan dengan pemutaran video profil Fakulas Ekonomi & Bisnis, Program studi Akuntansi Universitas Trilogi.
Pada Sesi pertama seminar, Ibu Novita, S.E, Ak, M.Ak, CA sebagai moderator  memandu jalannya penyampaian materi oleh para narasumber, yaitu Bapak Ali Darwin, Ak., M.Sc. Executive Director, National Center for Sustainability Reporting (NCSR) dan Bapak Drh. Suhandri Executive Director, Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Olahan Indonesia (APMMOI). Pada sesi ini, pembicara pertama membahas mengenai definisi, cakupan, dan pentingnya Integrated Reporting dalam Pelaporan Keuangan suatu perusahaan. Pembicara kedua membahas sejauh mana kesiapan Perusahaan dalam menerapkan Sustainability Reporting dan Integrated Reporting, seberapa penting Sustainability Reporting dan Integrated Reporting diperlukan dalam perusahaan. Pada sesi pertama berlangsung selama 90 menit, dilanjutkan sesi tanya jawab dari 6 penanya dan diakhiri dengan pemberian small gift kepada 5 penanya terbaik yang dipilih oleh pembicara serta pemberian sertifikat kepada moderator, pembicara pertama dan pembicara kedua yang diberikan langsung oleh Bapak Prof. Dr.Asep Saefuddin, M.Sc dan Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Sebelum masuk dalam sesi kedua pantia memberikan 1 hadiah doorprize kepada peserta yang beruntung.
Acara seminar di lanjutkan ke sesi berikutnya, dengan Ibu Sri Opti, S.E, Ak, M.M, CA sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh Ibu Dwi Martani. Sesi ini pembicara membahas tentang konsep sistem pelaporan Integrated Reporting dalam meningkatkan kepercayaan investor dan kreditor dari sisi akademisi. Pada sesi ini berlangsung selama 45 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian smallgift pada 2 penanya terbaik dan pemberian sertifikat kepada pembicara pertama yang diberikan langsung oleh Bapak Dr. Aam Bastaman
Seminar dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ibu Kamariah, SE., Ak, MBA dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membahas tentang konsep mencakup peraturan dan kebijakan dilihat dari sisi pemerintahan dan pengaruh Integrated Reporting dalam pengawasan investor di Indonesia  dan Bapak Hari Gumbira, S.E, M.M., dari Bank DKI Syariah yang membahas mengenai pandangan dari sisi kreditor tentang pentingnya Integrated Reporting dalam pemberian pinjaman ataupun peningkatan modal terhadap suatu perusahaan. Sesi kedua berlangsung selama 90 menit dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sesi ini diakhiri dengan pemberian small gift kepada 3 penanya terbaik, pemberian sertifikat kepada moderator, dan kedua pembicara yang diberikan langsung oleh ibu Muyassaroh, S.E, Ak, M.M, CA. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai profil Universitas Trilogi oleh Bapak Dian Ruslan dan ditutup dengan pemberian 2 doorprize kepada peserta yang beruntung. 
 Acara ini dapat terselenggara dengan dukungan dan partisipasi dari pihak Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) dan Universitas Trilogi serta berbagai sponsor yang telah membantu kami untuk menyelenggaraka acara ini yaitu Bukalapak.com, Big Cola & Big Fress, You C-1000, Sosro dan Kedai Phopaay. Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak yang mendukung kami demi terselenggaranya acara ini. Harapan kami, semoga acara kami ini dapat menambah ilmu dan wawasan untuk para peserta dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang turut berpartisipasi. Terimakasih :) 
 

Comments

Popular Posts