Indonesia Accounting Fair (IAF) 14


ACCOUNTING COMPETITION
         
          Pukul 07.30-08.00, registrasi lomba akuntansi IAF 14 di Student Centre FEUI yang didampingi oleh anggota Himpunan yaitu Agnes Listiarini dan Ika Ratna Yulianti, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Project Officer IAF 14 (Meigendaris Surtiabadi P.), Chief Eksekutif SPA FEUI (Timothy Wiliam), dan peresmian acara oleh Ibu Dwi Martani.
          Pukul 08.30 peserta lomba sebanyak 43 tim yang sebelumnya sudah lolos dari babak Pre-Eliminasi yang diikuti oleh 54 tim dari seluruh Universitas dan STIE di Indonesia, mengikuti babak written test yang berupa 90 soal pilihan ganda dan estafet round yang berupa soal essay cost budgeting di Student Centre dan Gedung Tritura FEUI. Babak ini selesai pada pukul 11.30 lalu dilanjutkan ISHOMA sampai pukul 13.00. Selanjutnya semua peserta dikumpulkan di Student Centre FEUI untuk diumumkan peserta yang lolos ke babak case study.
          Babak case study diikuti oleh 24 tim dan Tim 1 Universitas Trilogi (Selvitri, Jayanti Kumala Sari, dan Nindya) berhasil masuk pada babak ini, namun 2 tim yang lainnya gugur. Dan yang masuk dalam 24 besar adalah tim dari Universitas Trilogi, STAN, Universitas Parahyangan, Universitas Widya Mandala Surabaya, Universitas Airlangga, STIE Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, Kwik Kian Gie School of Business, Binus International, Atma Jaya Jakarta, Universitas Bakrie, Universitas Jenderal Soedirman, Institut Perbanas, Universitas Krister Maranatha, Universitas Udayana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Kristen Krida Wacana.
            Pukul 13.30 babak case study dimulai di Gedung Tritura FEUI sampai pukul 20.30. Dalam babak case study, peserta diberikan kasus mengenai IAS 41 yang memang diakui oleh peserta bahwa materi ini kurang didapat oleh mereka saat tutorial maupun didalam proses belajar-mengajar di kelas. Peserta Diberikan waktu 45 menit untuk berdiskusi untuk menyelesaikan kasus ini dan harus dipresentasikan dalam waktu 5 menit, serta waktu 5 menit kemudian untuk sesi tanya jawab. Tim 1 Universitas Trilogi mendapat urutan presentasi yang ke-22 dari 24 tim.
          Selanjutnya semua peserta dikumpulkan di Hall FEUI untuk gathering makan malam dan pengumuman peserta lomba yang lolos ke babak final diesok harinya. Namun, tim 1 Universitas Trilogi tidak berhasil lolos ke babak selanjutnya. Dan yang lolos ke babak selanjutnya adalah tim dari STIE Trisakti, Universitas Parahyangan, Universitas Widya Mandala Surabya, Binus International, Kwik Kian Gie School of Business, dan STAN.
          Kami berharap, untuk perlombaan selanjutnya, semoga Tim lomba Universitas Trilogi bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi dari perlombaan-perlombaan sebelumnya. SEMANGAT!!! :D

 SEMINAR

Pukul 09.30 seminar dimulai dengan sambutan oleh Kepala Departemen Akuntansi  FEUI Dr. Dwi Martani. Seminar terbagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama pukul 10.15 diisi oleh Rosita Uli Sinaga,Ak,MM,CPA, CA selaku Ketua DSAK sekaligus dosen FEUI dan Sylvia Veronica Nalurita Purnama Siregar selaku Anggota DSAK sekaligus dosen FEUI. Membahas  tentang  bagaimana mengatur Biological Aset dan Agricultur Produce sesuai  dengan fair value menurut  IAS 41 untuk diterapkan di Indonesia.
Sesi kedua pukul 11.15 presentasi dari ACCA ( Association of Certified Chartered Accountants) yakni organisasi akuntansi internasional terbesar dan salah satu bisnis internasional kualifikasi paling bergengsi di dunia untuk profesional bisnis dan keuangan. ISHOMA 12.30
          Pukul 13.30 sesi ketiga diisi oleh pembicara dari PT. SAMPOERNA AGRO Tbk., Dr. Ludovicus Sensi Wondabio, CPA. Membahas bagaimana mencatat aktivitas tanaman perkebunan. Coffeebreak 15.00
          Sesi terakhir pukul 15.30 review oleh Ibu Dr. Dwi Martani mengenai IAS 41. Kemudian diisi oleh pembicara dari PT. JAPFA Comfeet Indonesia Tbk yakni salah satu perusahaan agri-food. Membahas salah satu aktivitas divisinya yakni divisi pembibitan ayam serta bagaimana alur produksi breeding farm dan pembibitan unggas. Seminar selesai pukul 17.30.

Berikut adalah beberapa dokumentasinya :







Salam,
HIMAPI

Comments

Popular Posts