SEMINAR WAKAF "POTENSI WAKAF PRODUKTIF PADA GENERASI MILENIAL UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI"

         Pada tanggal 13 Agustus 2020 telah dilaksanakan acara Seminar Nasional Online dengan tema “Potensi Wakaf Produktif pada Generasi Milenial untuk Pemberdayaan Ekonomi” yang diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi Universitas Trilogi yang didukung oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Trilogi. Acara ini dilakukan sebagai wadah bagi para peserta dalam mengembangkan pengetahuan dan bagi panitia untuk mengasah kemampuannya dalam menjalankan acara.

Wakil Dekan, Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, S.E., M.S.Ak.

        Seminar nasional online telah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 28 Juli 2020 dengan target peserta adalah siswa/i SMA/K, Mahasiswa dan Umum. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 367 peserta di aplikasi zoom dan 80 peserta di aplikasi streaming Youtube yang terdiri dari berbagai instansi diberbagai penjuru Negeri. Acara seminar nasional online ini dibuka oleh MC, yaitu Kurnia Syahlan yang memimpin jalannya acara. Selanjutnya, sambutan dari Wakil Dekan Ekonomi dan Bisnis serta Bioindustri Universitas Trilogi, yaitu Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, S.E., M.S.Ak. Dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh:

1. Husnul Khotimah, S.E., M.S.Ak. Dosen Akuntansi Universitas Trilogi

2. Dr. Yusar Sagara, Ak., CA. Dosen Akuntansi UIN Jakarta dan Tim 

Penyusun Pedoman Akuntansi Wakaf BWI tahun 2016

3. R. Tubagus Wijaya, S.E., MMBA., DOP CEO A Waqf Holding Company dan Duta Wakaf Indonesia

        Pada sesi pemaparan materi oleh pembicara, acara dipandu ole

h moderator, yaitu, Ibu Novita S.E. Ak., M.Ak., CA., selaku Dosen Universitas Trilogi. Pemaparan pertama dilakukan oleh Ibu Husnul Khotimah, S.E., M.S.Ak Dosen akuntansi Universitas Trilogi. Pada kesempatan kali ini, Ibu Husnul menjelaskan tentang mengenal wakaf lebih dekat, dengan materi yang disampaikan seperti pengertian wakaf, bagaimana peran akuntan milenial dalam pengembangan wakaf produktif dan manfaat wakaf produktif pemberdayaan ekonomi.

Mengenal wakaf lebih dekat


    
Pembicara kedua yaitu Dr. Yusar Sagara, Ak., CA., CMA., CPMA selaku Dosen Akuntansi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan tim penyusun pedoman akuntansi wakaf BWI tahun 2016. Bapak Yusar memaparkan materi mengenai perkembangan tanah wakaf di Indonesia yang belum dikelola secara produktif. Beliau juga memaparkan tentang Nazhir wakaf yang belum bekerja optimal, wakaf milenial, skema wakaf milenial, akuntansi wakaf, dan laporan keuangan wakaf.

        Kemudian pembicara ketiga, yaitu R.Tubagus Wijaya, S.E., MMBA., DOP yang merupakan CEO A Waqf Holding Company dan Duta Wakaf Indonesia. Bapak Tubagus Wijaya menjelaskan tentang potensi wakaf produktif di Indonesia, pengertian wakafpreneur, dan kunci sukses menjadi wakafpreneur. Beliau juga mengatakan bahwa respect adalah kunci mengelola bisnis, dan kepercayaan adalah modal utama dalam respect, kalau kita yakin mempunyai modal kepercayaan, hal itu dapat menjadi asset untuk masuk ke industri wakaf.

Seminar wakaf

    Acara ini berlangsung dengan baik berkat antusias dari pembicara yang semangat dalam menjelaskan dan para peserta yang sangat aktif dalam bertanya. Para penanya terpilih pun akan diberikan hadiah berupa 15 buku yang sangat menarik untuk dibaca dari para pembicara hari ini.

 

Link Youtube: https://youtu.be/gBWevAP-LxY

Materi dapat di akses: bit.ly/MateriSemNasWakaf

Comments

Popular Posts