HIMAPI Presents : STATION Part III "National Competition" 4-5 April 2012


Hari 1 STATION Part III “4 April 2012”
           Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, STEKPI Accounting Competition kali ini diselenggarakan antar Perguruan Tinggi tingkat Nasional. Dimana dihadiri oleh berbagai universitas/STIE yang ada di seluruh Indonesia. Adapun, Perguruan Tinggi yang berkompetisi pada tahun ini, Universitas Mercu Buana, Universitas Bakrie, UNISMA, Universitas Bunda Mulia, Universitas Indonesia, ITBK, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Trisakti, STIE Musi Palembang, dan terakhir Binus International.
       Hari pertama STEKPI Accounting Competition diawali oleh registrasi para peserta untuk mendapatkan name tag peserta, goddie bag dan snack, sebelumnya peserta telah mendapatkan booklet pada saat Technical Meeting. Registrasi dilakukan sampai pukul 08.50 WIB, kemudian MC melakukan pembukaan setelah itu para peserta segera melakukan kompetisi babak per babak pada tahap Penyisihan. Pada babak penyisihan I di lakukan oleh 17 tim peserta yang tiap tim nya dibagi menjadi 3 ruangan kemudian mereka mengerjakan soal, dari tahap ini akan diambil 15 tim terbaik. 15 tim terbaik yang tersaring melanjutkan ke babak penyisihan 2. Pada penyisihan 2 ini akan disaring menjadi 12 tim terbaik, kemudian setelah melakukan babak penyisihan 2 dilanjutkan dengan babak penyisihan 3 yang disaring menjadi 9 tim terbaik dan berhak masuk ke Babak Semifinal.
            Kemudian MC mulai mengumumkan para peserta yang lolos babak semifinal. Peserta yang lolos masuk babak semi final diantaranya UNAIR 1, UNAIR 2, UI, STIE MUSI 1, STIE MUSI 2, BINUS INT. 2, UNIVERSITAS BUNDA MULIA, BAKRIE 1, dan BAKRIE 2, kemudian mereka melakukan tahap demi tahap Semifinal diantaranya Semifinal Tahap Pertama, babak Computerized yang dilakukan di Lab. 3, di babak ini Ibu Dian Febrianti, SE. bertindak sebagai Juri, didampingi oleh Mazra. Babak ini dilakukan selama 120 menit. Lalu, Semifinal Tahap kedua yaitu babak X or Y dilakukan di Seminar 3 Lantai 4, babak ini terbuka dan disaksikan oleh Ibu Lely Dahlia, SE., M.Ak, Delfi Panjaitan, SE. selaku pendamping STIE MUSI Palembang, Suci Rianie selaku Ketua HIMAPI, serta Kartika Sukma selaku HMJ Akuntansi. Pada babak X or Y, Bapak Zulham Al Farizi,S.E.,M.Acc menjadi juri. Babak semi final tahap dilanjutkan dengan Ranking 1 yang dilaksanakan di Atrium dan Bp. Yahya Santosa, Ak. CPA bertindak sebagai Juri, Babak ranking 1 berjalan dengan lancar.  Babak Tepat Berani tidak langsung dilaksanakan dikarenakan bertepatan dengan Adzan Maghrib sehingga panitia memberikan istirahat tambahan bagi peserta untuk menunaikan sholat dan rehat sejenak menghilangkan penat. Kemudian setelah istirahat selesai, babak tepat berani mulai dilaksanakan dengan sistem pertaruhan nilai dan setelah di akumulasikan dari semua babak yang berhasil masuk ke final adalah UI, STIE MUSI 1 dan BINUS Internasional 2. Pada malam itu, juga peserta diberikan Kasus untuk Final Presentasi. Berdasarkan kesepakatan, Para Peserta Semifinal diberikan pilihan untuk menghadiri undangan dari Bapak Agung (Rektor STEKPI) untuk makan malam.
Hari ke-2 STATION Part III “5 April 2012”
        Hari kedua diikuti oleh 3 tim yaitu UI, STIE MUSI Palembang 1 dan Binus International 2. Para peserta kembali melakukan registrasi. Ketika pukul 08.40 WIB, Babak One by One dimulai tanpa menunggu kehadiran 1 orang dari Binus International yang belum hadir (berdasarkan kesepakatan bersama). Dengan juri yaitu Bapak Aloysius Harry Mukti, SE., M.S.Ak., ERMCP. Setelah itu, Para peserta memulai babak selanjutnya, yakni Babak Cepat Tepat. Babak ini berjalan dengan lancar dan Bpk. Septian Bayu Kristanto, SE., M.S.AK bertindak sebagai juri. Namun, dari dua babak final diatas hanya beberapa soal yang dapat dijawab oleh peserta Kompetisi.
        Setelah babak ini, peserta melakukan pengerjaan soal dari kasus yang telah diberikan sehari sebelumnya. Waktu pengerjaan soal dilakukan selama 60 menit dan babak presentasi dilakukan selama 30 menit yang terdiri dari 10 menit penjelasan dan 20 menit Tanya jawab. Tim yang mendapat giliran pertama untuk presentasi adalah Binus Internasional 2. Binus melakukan penjelasan dengan baik dan menggunakan bahasa Inggris. Kemudian yang mendapat giliran kedua adalah Universitas Indonesia dan yang mendapat giliran terakhir adalah STIE MUSI 1. Pada babak ini yang bertindak sebagai Juri Presentasi adalah Bapak Yahya Santosa, Ak. CPA dan Bapak Zulham Al Farizi,S.E.,M.Acc. Pada babak final nilai akhir merupakan hasil dari akumulasi nilai babak One By One dan babak Cepat Tepat.
        Dan akhirnya, Stekpi Accounting Competition tahun ini kembali diraih oleh Univesitas Indonesia yang merupakan pemenang STATION tahun sebelumnya dengan delegasi yang berbeda dan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.000.000,- dan Buku PSAK persembahan dari IAI, Piala Juara 1, Sertifikat dan Goodie Bag. Juara kedua, dimenangkan oleh STIE MUSI Palembang 1 dengan mendapat uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,-, Piala Juara 2, sertifikat serta Goodie bag dan Juara 3 didapatkan oleh Binus Internasional 2, dan mendapatkan uang tunai senilai Rp.3000.000,-, piala Juara 3, sertifikat dan goodie bag. Selamat kepada Para Pemenang STATION Part III !
          Semoga acara STATION ini dapat menyatukan tali persaudaraan kita sebagai mahasiswa Akuntansi di Indonesia dan menjadi ajang yang dinantikan oleh Perguruan Tinggi lain. Kami atas nama HIMAPI, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi yang telah diberikan kepada para STAKEHOLDER, karena tanpa dukungan dari para pihak STEKPI, Pendukung (PT. Bank Negara Indonesia Tbk., RSM AAJ Asociates, MYOB Student Indonesia, IMAI Simpul Jakarta), Sponsor (IAI, DYNO NOBEL, Sosro, Toyota, PT. BUKAKA, K68) dan Media Partner (Ecolish, Majalah STABILITAS, Majalah GATRA, gatra.com, madingkampus.com, Radio Mustang 88, @apaajaiklan) acara STATION Part III ini tidak dapat berlangsung dengan sukses. Dan satu lagi, kami menginfomasi kepada para peserta yang mengikuti Seminar/Company Visit akan mendapatkan potongan 10% untuk Training dan Certification MYOB yang akan diselenggarakan HIMAPI. Untuk info lebih lanjut add twitter kami : @himapistekpi. Salam HIMAPI.
Foto-foto dapat di download di website kami : www.himapistekpi.com

Comments

Popular Posts