HIMAPI Presents : STATION Part III "Company Visit" 5 April 2012


          Company Visit merupakan salah satu rangkaian acara STATION Part III yang baru pada tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan STATION. Pada Company Visit kali ini, kita sesuaikan dengan tema STATION yang mengusung tema Audit, maka kami untuk mendalami tentang audit baik praktik di internal maupun eksternal perusahaan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengunjungi PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sebagai objek internal auditor dan RSM Amir Abadi Jusuf Asociates sebagai objek eksternal auditor.
          Peserta melakukan registrasi pada pukul 07.15 WIB. Bis yang akan digunakan dibagi menjadi Bis1 dan Bis 2. Setelah registrasi, peserta dibagi menjadi dua, sebagian di Bis 1 dan sebagian di Bis 2. Waktu keberangkatan pukul 08.00 WIB menuju lokasi pertama PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di wilayah Jakarta Kota, Jakarta Utara. Bus 2 berangkat lebih awal, sementara Bus 1 masih tertinggal dikarenakan menunggu peserta dari Perguruan Tinggi luar yang terlambat. Kami menemui hambatan ketika menuju Lokasi pertama, yakni gangguan pada kopling Bis 1 yang bermasalah. Sehingga Bis 1 terlambat hampir 60 menit dari waktu keberangkatan, dikarenakan gangguan dan harus menunggu Bis pengganti dari agen. Namun, hambatan itu tidak menyurutkan Kami, untuk tetap semangat mengikuti Company Visit.
            Pukul 09.35 WIB peserta di Bis 2 tiba di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Peserta di bawa ke lantai 4 Ruang Divisi Organizational Learning untuk mendapatkan sesi materi Satuan pengendalian Internal. Sesi ini akan diisi oleh narasumber yang merupakan Wakil Direktur Satuan Pengendalian Internal. Tepat pukul 1.00 WIB, sesi materi dimulai. Diawali dengan sambutan dari Perwakilan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dilanjutkan sambutan perwakilan STEKPI yakni Ibu Novita. Sesi materi dimulai dengan mengulas seputar company profile PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. lalu menjelaskan terperinci Satuan Pengendalian Internal secara umum dan khusus bagi PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
          Bis 1 tiba terlambat di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pukul 10.45 WIB dan bergabung dengan rombongan Bis 2 yang lebih dulu tiba. Sesi materi diselingi dengan sesi tanya jawab antara Narasumber dan peserta. Penanya dibatasi sebanyak 3 orang karena keterbatasan waktu, yakni Rhotama (STEKPI), Santika Febriany (STEKPI), dan Philip Hulson Simanjuntak (President University). Selesai sesi materi dan sesi tanya jawab, dilanjutkan sesi pemberian Plakat dan Piagam Penghargaan dari pihak STEKPI kepada pihak PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dilanjutkan sesi foto bersama di depan Museum PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
          Peserta dan panitia kembali memasuki Bis 1 dan Bis 2 untuk menuju ke lokasi selanjutnya RSM. Amir Abadi Jusuf (RSM. AAJ) di Plaza ASIA/ABDA Kav. 59 Jl. Jend Sudirman, Jakarta Selatan. Di perjalanan, peserta dan panitia diberikan makan siang, selanjutnya diberi pengarahan tentang tata cara kunjungan di lokasi kedua. Tepat pukul 13.35 WIB peserta mulai memasuki gedung perkantoran Plaza ASIA/ABDA. Sebelum memulai sesi materi, peserta dan panitia melaksanakan ibadah Sholat Zuhur di Semi Basement dan di lantai 10. Pukul 14.05 WIB, peserta masuk ke Ruang Kelas RSM AAJ untuk pengisian sesi materi. Diawali dengan sambutan dari pihak RSM AAJ dan sambutan dari Ketua Pelaksana. Materi yang disampaikan mengulas seputar company profile RSM AAJ dan prosedur terkait Audit Eksternal yang merupakan salah satu aktivitas atau service yang disediakan oleh RSM AAJ.
            Sama seperti sesi materi di lokasi pertama, sesi materi kali ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab antara Narasumber dan peserta. Penanya tidak dibatasi oleh Narasumber. Sesi materi selesai pukul 16.00 WIB dilanjutkan sesi pemberian Plakat dan Piagam Penghargaan dari pihak STEKPI kepada pihak RSM AAJ . Dilanjutkan sesi foto bersama di depan RSM AAJ. Pukul 16.15 WIB peserta dan panitia kembali ke Kampus STEKPI, Kalibata. Semoga rangkaian kegiatan Company Visit bertempat di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan RSM AAJ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi STEKPI ini memberikan pengetahuan dan pengalaman bermanfaat kepada seluruh pihak yang terkait.  Salam Akuntansi !!!
Foto-foto dapat di download di website kami : www.himapistekpi.com

Comments

Popular Posts