STEKPI at Indonesia Accounting Fair (IAF) 13


 Pada bulan Februari lalu mahasiswa STEKPI kembali mencoba menguji kemampuannya dalam bidang akuntansi dengan mengikuti kompetisi “INDONESIA ACCOUNTING FAIR (IAF13)” yang diselenggarakan oleh Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi universitas Indonesia (SPA FEUI).
        Sebelum berkompetisi di Universitas Indonesia tepatnya pada tanggal 13 Februari 2012 para peserta akan melakukan tahapan Babak Preliminary (Babak Penyisihan) yang merupakan soal-soal akuntansi dan seputar tentang isu-isu ekonomi yang dikirimkan oleh panitia melalui email dari salah satu peserta. Tahapan inilah yang akan menentukan para peserta dapat lanjut ke babak selanjutnya pada tanggal 27 Februari 2012.
              Dan pada tanggal 17 Februari 2012 para peserta kompetisi tim STEKPI mendapatkan berita bahwa kita dapat lolos ke babak selanjutnya dengan peringkat, tim 1 memperoleh peringkat 23, tim 2 dengan peringkat 24, dan tim 3 dengan peringkat 28 dari 50 peserta terbaik se-indonesia. Berikut adalah nama-nama mahasiswa perwakilan STEKPI yang mengikuti “INDONESIA ACCOUNTING FAIR (IAF13)” :
Tim 1  :
  • Adisti
  • Yunita Ameliasari
  • Suci Rianie
Tim 2 :
  • Nurul Fathiyah
  • Nur Yanny Eltia
  • Rahmia Rivalina
Tim 3 :
  • Pradisa Shinta             
  • Putri Aprillia
  • Sari Nafitri Putri
          Pada tanggal 27 Februari 2012 para peserta yang lolos dalam babak Preliminary mengikuti babak Written Test (Babak Utama) yang diadakan di kampus Universitas indonesia tepatnya di gedung Student center FEUI dan Tritura. Pada babak Written Test ini para peserta dihadapkan 90 soal diamana waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan soal tersebut selama 60 menit dengan pesaing sebanyak 50 tim terbaik yang telah lolos dari babak sebelumnya. Namun karena pada tahap ini kita tidak dapat menduduki peringkat 24 tim teratas untuk masuk ke babak selanjutnya, maka para panitia mencoba memberikan hiburan dengan mengajak para peserta yang tidak berhasil lolos ke babak selanjutnya untuk bersama-sama menonton film di Mall Margo City. Dan setelah selesai menonton semua peserta melakukan serangkaian acara berikutnya yaitu Gathering yang diadakan di kampus FEUI.
          Dalam acara INDONESIA ACCOUNTING FAIR (IAF13) ini para peserta  juga mendapatkan serangkaian acara yang terdiri dari :
  • Seminar, pada tanggal 29 Februari 2012
Sesi 1     : “Disclosure of Fair Value and Current Issues related to IFRS  Convergence 2012”
Sesi 2     :  “A Disclosure of PSAK 62 about Insurance Contract”
Sesi 3     : “Comprehending Fair Representation of Mineral Resources”
  • Training, pada tanggal 1 Maret 2012
Sesi 1     : “Comprehending PSAK 50,55 and 60”
Sesi 2     : “Measurement and Reporting based on PSAK 50, 55 and 60”
  • Company Visit, pada tanggal 2 Maret 2012
Tempat : BNI Life Insurance dan PT. Danareksa Jakarta
            Dalam serangkaian acara diatas pesertanya tidak hanya dari para peserta kompetisi IAF 13 saja, tetapi dapat terbuka untuk umum yang ingin mengikuti serangkaian acara tersebut. Dari kampus STEKPI selain dari para peserta tim kompetisi yang mengikuti acara tersebut ada pula Finda Lestari dan Riesta Tria Ulfa yang mengikuti acara Seminar dan Company Visit IAF 13 yang merupakan anggota dari HIMAPI aktif.


Comments

Popular Posts