ACCOUNTING COMPETITION SMA/SMK SE-JABODETABEK (3ACTION Part VIII) “Strategic Cost Management : The Way to Get a Competitive Advantage in Digital Economy Era”

       Pada hari Rabu, 27 April 2016 HIMA Trilogi menyelenggarakan rangkaian acara 3Action yaitu Accounting Competition untuk tingkat SMA/SMK se-JABODETABEK. Acara ini diikuti oleh 23 Tim yang terdiri dari 12 sekolah. Berikut adalah daftar 23 tim yang menjadi peserta acara kompetisi SMA/SMK 3 Action part VIII:
 
  1. SMK SUMPAH PEMUDA    1 TIM
  2. SMKN 47 JAKARTA            2 TIM
  3. SMKN 1 BOGOR                3 TIM
  4. SMKN 20 JAKARTA            3 TIM
  5. SMA KRISTEN YUSUF       3 TIM
  6. SMKN 16 JAKARTA            1 TIM
  7. SMKN 22 JAKARTA            1 TIM
  8. SMKN 6 JAKARTA              2 TIM
  9. SMK AMALIYAH                3 TIM 
  10. SMK MAHADIKA               2 TIM
  11. SMK IPTEK                          1 TIM
  12. SMKN 31 JAKARTA            1 TIM    

       Acara dimulai dengan pembukaan dari MC kami yaitu Ryan dan Anisa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Trilogi.. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Nurfitriah Dwi H selaku ketua pelaksana Kompetisi dan Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik.


      Acara dilanjutkan dengan pengarahan panitia untuk Babak Penyisihan I, yaitu Pilihan Ganda dan Isian. Babak ini dilaksanakan di  Ruang Auditarium Lt. 2 Gedung Perkuliahan Universitas Trilogi. Pada Babak Penyisihan I ini peserta diminta untuk mengerjakan soal pilihan ganda dan isian secara berkelompok, dimana soal tersebut terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 20 soal isian dengan waktu pengerjaan 60 menit. Dari Babak Penyisihan I, 16 Tim terbaik akan lolos untuk melanjutkan ke Babak Penyisihan II. Berikut adalah daftar 16 Tim yang lolos ke Babak Penyisihan II :
  1. SMKN 47 JAKARTA            TIM 1      
  2. SMKN 47 JAKARTA            TIM 2       
  3. SMKN 1 BOGOR                TIM 1       
  4. SMKN 1 BOGOR               TIM 2       
  5. SMKN 1 BOGOR               TIM 3       
  6. SMKN 20 JAKARTA           TIM 1       
  7. SMKN 20 JAKARTA           TIM 2       
  8. SMA KRISTEN YUSUF      TIM 1       
  9. SMKN 20 JAKARTA           TIM 3       
  10. SMA KRISTEN YUSUF      TIM 2       
  11. SMKN 16 JAKARTA           TIM 1       
  12. SMKN 22 JAKARTA           TIM 2       
  13. SMKN 6 JAKARTA             TIM 1       
  14. SMK AMALIYAH                 TIM 3       
  15. SMK MAHADIKA 1             TIM 1       
  16. SMK MAHADIKA 1             TIM 2     

        Pada Babak Penyisihan II yaitu Siklus Marathon, setiap peserta dalam tim akan mengerjakan siklus akuntansi. Dimana, peserta pertama akan mengerjakan Adjustment Journal (Ayat Jurnal Penyesuaian) lalu dilanjutkan oleh peserta kedua mengerjakan Worksheet (Neraca Lajur) dan peserta terakhir mengerjakan Financial Statement. Setiap peserta akan mendapatkan waktu selama 15 menit untuk pengerjaan setiap siklus dan diberikan waktu 15 menit terakhir untuk melakukan pengecekan kembali. Pada babak ini akan diambil 10 tim terbaik untuk melanjutkan ke Babak Semifinal. Berikut adalah daftar tim yang lolos ke babak semifinal :
  1. SMKN 47 JAKARTA           Tim 2      
  2. SMKN 1 BOGOR                Tim 1       
  3. SMKN 20 JAKARTA           Tim 1       
  4. SMKN 20 JAKARTA           Tim 2       
  5. SMA KRISTEN YUSUF      Tim 1       
  6. SMKN 20 JAKARTA           Tim 3       
  7. SMA KRISTEN YUSUF      Tim 2       
  8. SMKN 16 JAKARTA           Tim 1       
  9. SMKN 22 JAKARTA           Tim 2       
  10. SMKN 6 JAKARTA             Tim 1     
   
       Babak Semifinal ini terdiri dari 2 tahap yaitu, Babak Choose The Color dan Debat. Untuk Babak Semifinal I (Choose The Color) peserta dibagi kedalam 2 ruangan. Peserta mendapat urutan maju dan memilih salah satu warna dari enam warna yang tersedia. Dari warna yang dipilih, peserta menjawab soal dihadapan para dewan juri yaitu Ibu Sri Opti S.E.Ak, MM. CA., Ibu Novita S.E.Ak, M.Ak. CA., Ibu Lely Dahlia S.E. M.Ak. CA., dan Ibu Rizka Ramayanti S.E.,M.Si. Dari Babak Semifinal I  (Choose The Color) diambil 6 tim untuk melanjutkan ke Babak Semifinal II (Debat). Berikut adalah peserta yang lolos Babak Semifinal I :
  1. SMKN 1 BOGOR                Tim 1     
  2. SMA KRISTEN YUSUF      Tim 1       
  3. SMKN 20 JAKARTA            Tim 3       
  4. SMA KRISTEN YUSUF      Tim 2       
  5. SMKN 16 JAKARTA            Tim 1       
  6. SMKN 22 JAKARTA            Tim 2     
    
       Pada Babak Semifinal II (Debat) peserta yang lolos akan mengambil undian untuk penentuan pasangan debat. Babak ini dilakukan hanya di satu ruangan yaitu ruang 310, semua peserta berkumpul dan bergantian untuk melakukan debat. Penilaian dilakukan oleh para dewan juri. Waktu untuk melakukan debat adalah 20 menit, dimana 9 menit untuk setiap tim  menyampaikan argumentasi dan 2 menit untuk juri menanggapi. Dari babak debat ini diambil 3 tim terbaik  untuk masuk Babak Final ( Kupas Tuntas ). Berikut adalah 3 tim yang berhasil sampai ke babak final:
  1. SMKN 1 BOGOR              Tim 1      
  2. SMA KRISTEN YUSUF    Tim 1       
  3. SMKN 22 JAKARTA          Tim 2
      Akhirnya para peserta telah sampai di Babak Final, yaitu kupas tuntas. Babak Final ini juga dilakukan di satu ruangan, yaitu ruang 310. Para peserta mengambil urutan maju, lalu memilih 1 amplop dari 5 amplop yang tersedia. Peserta mendapatkan waktu 5 menit untuk berdiskusi, 10 menit untuk mempresentasikan jawaban dihadapan para dewan juri, dan 5 menit untuk melakukan tanya jawab dengan juri.

  
     Saat yang dinantikan pun tiba, setelah break sejenak, acara dimulai dengan sambutan dari Nurfitriah Dwi H selaku ketua pelaksana acara Kompetisi dan Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Trilogi kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang. Berikut adalah daftar pemenang ACCOUNTING COMPETITION (3ACTION Part VIII) TINGKAT SMA/SMK SE-JABODETABEK :
Juara I         : SMA Kristen Yusuf
Juara II       : SMKN 1 Bogor
Juara III      : SMKN 22 Jakarta
SMA Kristen Yusuf berhasil menjuarai kembali Kompetisi SMA/SMK Se-Jabodetabek. Para peserta berhak mendapatkan :
Juara I : Piala Bergilir, Trophy, Uang Tunai senilai Rp. 3.000.000,- , Medali, dan Sertifikat
Juara II : Trophy, Uang Tunai senilai Rp. 2.000.000,- , Medali, dan Sertifikat
Juara III : Trophy, Uang Tunai senilai Rp. 1.000.000,- , Medali, dan Sertifikat


       Kami atas nama HIMAKSI Trilogi mengucapkan selamat kepada para pemenang Accounting Competition SMA/SMK dalam rangkaian acara 3Action Part VIII dan kami selaku panitia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggranya acara ini, baik sponsor dan media partner atas partisipasi yang telah diberikan, karen tanpa dukungan dari para pihak rangkaian acara 3Action Part VIII ini tidak dapat berlangsung dengan sukses.
Organized by : HIMAKSI Trilogi dan Universitas Trilogi
Supported by : Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), IAI Affiliated Campus
Sponsored by : Bantex, Jasa Raharja, XL, Bravo Satria Perkasa, Sosro, Coca Cola, Kedai Popphay
Media Partner : Infokampus.com, Seputarkampus.com, Infokampusnews, Wanita Indonesia, Campus Pedia, Rajanya Event, Akutahu.com, Rumah Millenials, Ruang Event, Pojok Event, Info Lomba, Sahabat Inspirator Indonesia, Sekolahku kampusku.

Comments

Popular Posts