NATIONAL ACCOUNTING COMPETITION LEVEL UNIVERSITY (3ACTION Part VIII) “Strategic Cost Management : The Way to Get a Competitive Advantage in Digital Economy Era”


       Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Trilogi telah menyelenggarakan rangkaian acara 3Action yaitu Kompetisi Tingkat Universitas Se-Nasional yang diikuti oleh berbagai universitas yang ada di Indonesia. Babak pertama dalam kompetisi ini ialah Babak Online Preliminary yang telah di langsungkan pada tanggal 3 April 2017, peserta yang lolos dari babak ini dan sudah melakukan pendaftaran ulang berhak mengikuti rangkaian acara 3Action mulai dari Seminar Nasional, Kompetisi Tingkat Universitas dan Jakarta Tour.



        Kompetisi tingkat universitas di ikuti oleh 19 tim yang telah melakukan pendaftaran ulang yaitu: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (2 Tim), Universitas Indonesia (3 Tim), Universitas Trilogi (1 Tim), Universitas Negeri Semarang (2 Tim), Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (1 Tim), Perbanas Institute Jakarta (3 Tim), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (2 Tim), Telkom University (1 Tim), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (3 Tim), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (1 Tim).

Babak ke dua dari kompetisi ialah First Main Round yang di laksanakan pada tanggal 21 April 2017 dimana pada babak ini terdapat 2 tahap yaitu Rekonsiliasi Fiskal yang di kerjakan secara tim dan Pilihan Ganda yang di kerjakan secara individu.

Dari Babak First Main Round dipilih 15 tim terbaik yang lolos ke Babak Second Maind Round. Pada babak ini akan terdapat 2 tahap yaitu Teka-teki yang di kerjakan secara tim dan Pos to Pos yang di kerjakan secara individu di masing-masing pos.

Tim yang lolos dari Second Maind Round ialah 8 tim terbaik yang lolos ke Babak Semifinal. Pada babak ini 8 tim tersebut akan berpasangan secara acak untuk melakukan debat. Pada Babak delapan tim tersebut diundi untuk menentukan lawan dari masing-masing tim, dan peserta terbagi menjadi 2 ruangan. Setiap ruangan peserta akan dinilai oleh juri dari pihak Kantor Akuntan Publik yaitu: Bapak Yahya Santosa, CPA, CPMA dari  KAP Y Santosa & Rekan dan Bapak Hafid Fitra Habibi, Skomp, SE., AK, CA, CPA dari KAP Junaidi, Chairul, dan Subyakto.

   
      Setelah Babak Semifinal selesai dilaksanakan, dipilih 4 tim terbaik yang lolos ke Babak Final untuk merebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Harapan 1. Tim yang berhasil lolos ialah Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (1 Tim), Universitas Negeri Semarang (2 Tim), dan Universitas Indonesia (1 Tim). Dari ke – 4 tim tersebut akan diberikan kesempatan untuk membuat Power Point dari case study yang telah diberikan dan mempresentasikannya di depan juri.
   
       Setelah semua peserta mendapatkan kesempatan dalam tahap presentasi dan tanya jawab, maka peserta diarahkan kembali menuju Auditorium untuk menunggu hasil pengakumulasian skor dan pengumuman pemenang kompetisi 3Action. Selanjutnya, acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Kabul Wahyu Utomo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dilanjutkan dengan pengumuman pemenang. Pemenang Accounting Competition (3ACTION Part VIII) Universitas/STIE sebagai berikut:
Juara 1         : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Juara 2            : Universitas Negeri Semarang
Juara 3            : Universitas Negeri Semarang
Juara Harapan 1    : Universitas Indonesia

Hadiah yang diberikan kepada peserta yaitu berupa :
Juara I    : Piala Bergilir, Trophy, Medali, Sertifikat dan Uang Tunai  Rp 5.000.000,
Juara II    : Trophy, Medali, Sertifikat, dan Uang Tunai  Rp 3.000.000,
Juara III    : Trophy , Medali, Sertifikat, dan Uang Tunai  Rp 2.000.000,
Juara Harapan 1: Trophy , Medali, Sertifikat, dan Uang Tunai  Rp 750.000.


Kami selaku panitia mengucapkan selamat kepada para pemenang Kompetisi Tingkat Universitas Se-Nasional dalam rangkaian acara 3ACTION Part VIII. Semoga acara 3Action part VIII ini dapat menyatukan tali persaudaraan antar mahasiswa terutama mahasiswa akuntansi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kami atas nama HIMAKSI Trilogi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara ini, baik sponsor, media partner, dan stakeholder atas partisipasi yang telah diberikan.


Comments

Popular Posts